UPAYA PENINGKATAN EKONOMI BERBASIS POTENSI WILAYAH MELALUI DIGITAL MARKETING

  • Aug 26, 2023
  • Webadmin Desa Semin, Nguntoronadi, Wonogiri

Desa Semin terletak di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Secara geografis, Desa Semin berada di kawasan dataran rendah hingga ke tinggi, sehingga potensi bahan makanan sangat melimpah. Komoditas unggulan yang ada di Desa Semin yaitu singkong, jambu monyet dan buah naga, namun untuk buah naga sendiri telah mengalami penurunan dikarenakan adanya hama kuning yang menyerang tumbuhan buah naga. Pada saat ini, singkong menjadi komoditas unggulan dikarenakan apabila pada musim panen sangat melimpah ruah serta harga singkong yang terbilang rendah.

Adanya kesempatan dalam pemanfaatan singkong menjadi fokus tujuan dari program kerja KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Kelompok 264. Kelompok 264 KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan sosialisasi dengan tema “Upaya Peningkatan Ekonomi Berbasis Potensi Wilayah Melalui Digital Marketing”. Sosialisasi tersebut ditujukan khusus untuk masyarakat yang berada di Dusun Ngelo. Pengadaan sosialisasi tersebut terlaksana pada hari Kamis, 10 Agustus 2023 di Aula Balai Desa Semin dengan dihadiri oleh perwakilan dari Kepala Desa yakni Sekretaris Desa Bapak Sumardi, Perangkat Desa, Ketua RT 01, 02 dan 03, serta perwakilan dari warga antar RT.

Sosialisasi ini mengenalkan produk olahan singkong berupa keripik manggleng dengan cita rasa dan kemasan yang lebih milenial sehingga dapat dipasarkan melalui media sosial. Pemasaran menjadi permasalahan utama yang ada di Desa Semin. Keterbatasan pengetahuan mengenai teknologi menjadikan masyarakat kurang mengetahui tentang digital marketing atau pemasaran secara digital.

Dengan adanya respon positif dari seluruh Ketua RT serta warga masyarakat yang ada di Dusun Ngelo, memberikan jalan terbuka untuk pengadaan mengenai UMKM “SISILO” yang akan dikelola oleh masyarakat dusun. “SISILO” sendiri memiliki makna “Si Singkong Ngelo”, dengan adanya nama tersebut, dapat memperlihatkan kepada masyarakat luar bahwa inovasi olahan singkong sangat beragam. Kelompok 264 KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memberikan wadah terbuka bagi masyarakat Dusun Ngelo untuk saling bekerja sama dalam pembentukan UMKM “SISILO” tersebut. Kelompok 264 KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah membuat akun pemasaran berupa Shopee dan Instagram untuk melakukan branding secara nyata di luar kawasan Desa Semin.

Kelompok 264 KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengharapkan sosialisasi ini mampu untuk menciptakan kerja sama, kerukunan, serta mensejahterakan warga masyarakat Dusun Ngelo dengan memberikan suatu inovasi produk olahan singkong dengan nama “SISILO” yang berupa keripik manggleng dengan cita rasa yang berbeda. Setelah proses produksi berjalan lancar, maka akan diikuti oleh proses distribusi atau pemasaran yang dilakukan melalui media sosial Shopee dan Instagram, sehingga pengenalan produk olahan singkong keripik manggleng dari Dusun Ngelo akan menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Desa Semin, Kabupaten Wonogiri.

 

- Auliyaul & Rolani (KKN 111 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2023)