Tak Kenal Maka Tak Sayang : Kenali Listrik Sejak Dini, Hindari Bahaya Kemudian

  • Aug 01, 2023
  • Webadmin Desa Semin, Nguntoronadi, Wonogiri

Wonogiri (21/07) Listrik telah menjadi salah satu sumber energi penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa listrik juga dapat menjadi penyebab terjadinya kebakaran yang berdampak fatal. Bukan hanya menyebabkan kerusakan material yang signifikan, tetapi juga mengancam nyawa manusia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali potensi bahaya listrik dan langkah pencegahan yang harus diambil.

Berdasarkan statistik dan catatan dari dinas kebakaran, penyebab utama terjadinya kebakaran adalah korsleting listrik. Korsleting listrik bisa terjadi ketika ada hubungan langsung antara dua kawat dengan tegangan berbeda atau ketika isolasi kawat rusak. Kondisi ini dapat menyebabkan percikan dan api yang dengan cepat menyebar, terutama jika ada bahan mudah terbakar di sekitarnya.

Perumahan dan pemukiman padat penduduk adalah obyek yang paling banyak terdampak oleh kebakaran. Keterbatasan ruang dan tingkat kepadatan penduduk di daerah tersebut membuat risiko terjadinya kebakaran semakin tinggi. Apabila tidak ada langkah pencegahan yang tepat, maka risiko kerugian materi dan korban jiwa akibat kebakaran dapat semakin meningkat.

Untuk mengurangi angka kebakaran yang disebabkan oleh listrik, langkah edukasi menjadi kunci penting. Edukasi ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan potensi bahaya listrik dan mengajarkan langkah-langkah pencegahannya.

Mahasiswa Universitas Diponegoro, Ratu Sondang Elishabet Sidauruk, Program Studi Teknik Elektro memberikan edukasi mengenai potensi bahaya listrik dan memberikan pengenalan pencegahan bahaya listrik serta pelatihan rangkaian listrik sederhana siswa SDN 3 Parangharjo, Desa Semin, Nguntoronadi, Wonogiri. Pada hari sabtu (21/07/2023), secara langsung di SDN 3 Parangharjo.

Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan bantuan poster sebagai media pemberian informasi dan modul rangkaian listrik sebagai media simulasi kelistrikan sederhana. Dalam kegiatan edukasi ini diberikan penjelasan mengenai Potensi Bahaya Listrik, Cara Pencegahan Bahaya dan Cara Menghemat Listrik.

 

Ratu Sondang Elishabet Sidauruk (KKN Universitas Diponegoro 2023)