SEMARAK KEMERDEKAAN: ANTUSIAS MASYARAKAT DESA SEMIN DALAM MEMERIAHKAN HUT RI KE-78

  • Aug 26, 2023
  • Webadmin Desa Semin, Nguntoronadi, Wonogiri

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia menjadi kegiatan yang wajib disambut dengan sukacita. Setiap tahun, warga Desa Semin dengan antusias merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur yang mendalam atas kebebasan atau kemerdekaan yang dapat dinikmati sepanjang masa. Kegiatan ini tak hanya sekadar peringatan, tetapi juga sebuah penghormatan dan penghargaan atas jasa para pahlawan.

Wonogiri (15/08/2023) di Desa Semin, Nguntoronadi telah dilaksanakan kegiatan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara Karang Taruna Karya Muda X KKN UNDIP & KKN 111 UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan 17 agustusan dimulai dengan senam bersama dipandu oleh instruktur senam  yang bertempat di lapangan Bledon Desa Semin,Nguntoronadi, Wonogiri. kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat secara bersama-sama pada rute yang telah ditentukan oleh panitia. Setelah itu peserta berkumpul kembali ke lapangan untuk mengundi doorprize, hadiah utama pada doorprize tersebut diantaranya: Kambing, Kipas, Kompor dan 40 doorprize menarik lainnya.

Selain itu dalam kegitan tersebut juga diadakan lomba TPQ yang diikuti oleh anak-anak TPA se-Desa Semin, Nguntoronadi. Lomba-lomba tersebut diantaranya yaitu: Lomba Adzan, Lomba Praktek Sholat Subuh, Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA), Lomba Hafalan Surah Pendek dan Lomba Do’a Sehari-hari. Dalam kegiatan tersebut anak-anak terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam berlomba dan syukur alhamdulillah lomba-lomba dapat berjalan dengan lancar.

Tak hanya berhenti disitu, malamnya acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dilanjutkan dengan hiburan musik, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh, diantaranya: Bapak Camat, Bapak Kepala Desa dan beberapa tokoh lainnya serta tidak ketinggalan masyarakat setempat  yang turut hadir memeriahkan.

Sebelumnya pada (13/08/2023) dari Dusun Ngelo sendiri juga telah mengadakan perlombaan dalam rangka memeriahkan kemerdekaan. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara karang  taruna Bina Remaja X KKN 111 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertempat di Dusun Ngelo. kegiatannya juga terdiri dari senam dan jalan sehat bersama, undian doorprize dan lomba yang diikuti oleh beberapa kalangan dimulai dari kalangan Anak-Anak, Remaja, Ibu-Ibu dan juga Bapak- bapak. Lomba yang diikuti oleh anak-anak yaitu Lomba Estafet Air dan Estafet Karet . Adapun lomba Bola Voly Buta, Estafet Karet, Estafet Sarung pesertanya yaitu dari kalangan remaja, Ibu-ibu dan Bapak-bapak. Dalam kegiatan tersebut penulis yang merupakan salah satu Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang ikut serta dapat merasakan suasana keakraban dan solidaritas yang terpancar dari kerumunan penduduk desa.

Dengan diadakannya acara ini, penulis berharap hubungan persaudaraan di antara masyarakat desa akan semakin erat, kekompakan akan terjalin kuat, dan semoga semangat perayaan kemerdekaan ini tetap hidup dan dirayakan setiap tahunnya.

 

Rolani & Auliyaul (KKN 111 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2023)