Posyandu Lansia : Wujud Peduli Kesehatan dan Kualitas Hidup Lansia

  • Aug 01, 2023
  • Webadmin Desa Semin, Nguntoronadi, Wonogiri

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah salah satu bentuk dari Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilakukan oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Tujuannya adalah memberdayakan, serta memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita. Bukan hanya itu, terdapat pula Posyandu Lansia. Posyandu Lansia merupakan salah satu wadah pelayanan kesehatan untuk warga lanjut usia. Posyandu lansia memegang peranan penting untuk menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat, karena posyandu lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang paling dekat dengan keseharian warga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia yang lebih rentan terhadap penyakit.

Pada kamis, 27 Juli 2023 telah dilaksanakan Posyandu Lansia yang bertempat di Balai Desa Semin. Kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 40 orang lansia dari Dusun Ngelo dan Tholo, kader posyandu, dan mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga. Dengan adanya kegiatan tersebut, posyandu telah membuktikan bahwa perhatian terhadap kesehatan tak hanya sebatas anak dan balita, namun juga meluas hingga kepada orang lanjut usia (lansia). Posyandu lansia ini telah rutin dilakukan dan sering kali menggelar beragam kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan para anggota lansia.

Setiap bulan para lansia mendapatkan layanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan gratis, penimbangan berat badan, tensi darah dan detak jantung untuk memastikan kondisi kesehatan mereka tetap optimal. Tidak hanya itu, para lansia juga berkesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter dari Puskesmas Nguntoronadi, diantaranya: Ibu Gita, Bidan Sri Hastuti dan Ibu Heni, guna mendapatkan akses lebih luas terhadap perawatan medis yang berkualitas.

Tak berhenti disitu, kegiatan posyandu juga diselingi dengan senam lansia yang dipandu oleh mahasiswa KKN dari UIN Sunan Kalijaga. Adanya senam lansia tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran para lansia sehingga mereka dapat menjalani gaya hidup yang lebih sehat dengan semangat yang lebih menggelora.

 

- Rolani & Auliyaul (KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2023)