Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Siswa SMP N 2 Nguntoronadi Buat Sabun Cuci Tangan dari Minyak Goreng Bekas

  • Aug 13, 2024
  • Webadmin Desa Semin, Nguntoronadi, Wonogiri
  • BERITA, KEGIATAN, KESEHATAN

Wonogiri, 25 Juli 2024 – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswqa tentang pengolahan limbah serta mendukung pembelajaran IPA di sekolah, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 di Desa Semin, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, mengadakan program pembuatan sabun cuci tangan dari minyak goreng bekas. Program ini diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2024 di balai desa Semin dan diikuti oleh siswa-siswa SMP N 2 Nguntoronadi.

Kegiatan ini dirancang oleh salah satu mahasiswa Kimia UNDIP sebagai bagian dari upaya edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda, mengenai pentingnya pengelolaan limbah. Siswa-siswa diajarkan cara mengubah limbah minyak goreng menjadi produk yang bermanfaat, seperti sabun cuci tangan, melalui proses yang sederhana.

Langkah-langkah pembuatan sabun ini melibatkan:

  1. Melarutkan 2 1/2 sendok makan kalium hidroksida ke dalam 4 sendok makan air dalam wadah kaca.
  2. Menuang 10 sendok makan minyak goreng ke dalam wadah kaca yang berbeda.
  3. Mencampurkan larutan kalium hidroksida dengan minyak goreng.
  4. Menambahkan air secukupnya.
  5. Mengaduk campuran tersebut hingga merata.

Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada siswa tentang sains dan lingkungan, tetapi juga mendorong mereka untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekitar. Antusiasme siswa terlihat jelas selama pelaksanaan kegiatan, terutama saat demonstrasi pembuatan sabun dilakukan.

Selain demonstrasi, mahasiswa juga memberikan poster edukatif kepada sekolah sebagai panduan bagi siswa untuk mempraktikkan pembuatan sabun di rumah. Diharapkan, program ini tidak hanya mendukung pelajaran IPA di sekolah, tetapi juga menanamkan kebiasaan baik dalam pengelolaan limbah sejak dini.

 

- Irene Eilkrisnes Trifena (KKN TIM II Universitas Diponegoro Semarang 2023/2024)